Harga Solar Panel Untuk Rumah Tangga



Solar cell memiliki harga yang berbeda beda tergantung jenis dan kualitasnya. Semakin bagus kualitasnya maka semakin mahal juga harganya. Namun, untuk harga rata rata di indonesia yaitu sekitar US$1 perWP. Itu adalah harga beberapa tahun yang lalu, dan sekarang sudah menurun sekitar 20 - 30%. Nah sekarang saya akan membahas lebih dalam lagi tentang Harga Solar Panel Untuk Rumah Tangga.

Harga untuk memenuhi kebutuhan listrik di siang hari menggunakan solar panel setidaknya membutuhkan harga sekitar 15 juta lebih dalam satu rumah saja. Di awal memang terlihat sangat mahal, namun akan sangat murah jika dibagi perhari dalam 5-7 tahun.


Solar panel sangat cocok untuk digunakan didaerah tropis seperti Indonesia, karena di negri kita tercinta ini mendapat paparan sinar matahari yang cukup banyak dan kita bisa manfaatkan itu sebagai sumber energi yang bisa dimanfaatkan setiap hari tanpa polusi dan bebas dari tagihan bulanan.

Harga Solar Panel Untuk Rumah Tangga

Jika anda memasang panel surya dengan kapasitas 1000 kilowatt bisa menghasilkan listrik sekitar 3,5 kwh. Dengan ukuran sekecil ini anda sudah bisa menghemat Rp5.000/harinya. Di indonesia bagian jawa mungkin paparan sinar mataharinya masih kalah jika dibandingkan dengan Nusa Tenggara Timur (NTT), karena disana dalam sehari bisa menghasilkan listrik sebesar 4,5 kwh/hari dengan ukuran yang sama.

Selain anda menghemat bulanan untuk listrik, energy panas matahari tidak akan pernah habis, selain itu juga tidak mencemari udara karena tidak menghasilkan polusi sedikitpun. Anda juga bisa menggunakan energi listrik dari solar panel yang sudah disimpan kedalam baterai. Jika pemakaian dimalam hari lebih rendah dari siang hari, kemungkinan anda akan menghemat 90-95% tagihan listrik bulanan anda. 

Hal inilah yang menjadi alasan bagi banyak orang segera ingin memiliki solar panel sendiri dirumahnya.


Jika anda memang berniat ingin segera memiliki energi penghasil listrik sendiri menggunakan solar panel lebih baik menyiapkan uang yang cukup terlebih dahulu karena harganya yang terbilang cukup tinggi di indonesia. 

Alat ini memang sangat cocok digunakan bagi anda yang setiap hari bekerja didepan komputer untuk menjaga jika terjadi pemadaman dari PLN maka anda masih punya cadangan listrik sendiri dan itu gratis.

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan hari ini, semoga bisa menjadi manfaat dan tentunya bisa menginspirasi anda. 

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment