Cara Menghemat Energi Listrik Di Rumah Ala Teknisi Sampai Turun 100%

cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik
Bismillahirrohmanirrohim

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan ketika ini, sama ibarat energi Bahan bakar Minyak atau BBM. Namun yang membedakan antara listrik dan BBM yaitu kelangkaan BBM yang sulit di prediksikan. Listrik merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas.

Lantas kenapa listrik berbayar? hal ini lantaran cara membangkitkan energi listrik diharapkan biaya operasional yang tinggi. Mungkin untuk beberapa tahun kedepan ketika cara kerja pembangkit listrik lebih efektif dan efisien biaya tagihan listrik akan semakin murah.

Dikarenakan biaya listrik ketika ini cukup mahal namun kebutuhan terhadap energi listrik sangatlah sentral pada kehidupan, sehingga teman membutuhkan warta bagaimana cara menghemat energi listrik biar tidak terlalu memakan biaya perbulannya, Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghemat energi listrik biar murah. Berikut ini beberapa cara menghemat energi listrik yang sanggup anda lakukan dengan gampang :

Gunakan alat listrik kalau perlu saja
Alat listrik yang terus hidup meskipun tidak dibutuhkan akan tetap menyedot energi listrik lantaran alat listrik tersebut tidak tahu bahwa teman sudah tidak memerlukannya lagi. sehingga sebaiknya gunakan alat listrik dengan bijak.

Buka Pintu dan jendela pada siang hari biar tugas lampu sanggup digantikan
hal ini mungkin agak ribet, namun tidak ada salahnya teman melaksanakan hal tersebut lantaran selain sanggup mengurahi biaya tagihan listrik, rumah teman juga akan lebih sehat lantaran sirkulasi udara yang berjalan baik.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
Bijak dalam memakai AC (air Conditioner)
Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang, dengan 5 orang sanggup dirasakan berbeda. ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang teman tidak perlu menyalakan AC. Juga Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
Gunakan Penampung air Pompa air
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100% Untuk menghidupkan sebuah pompa air, pada awalnya pompa akan memakan listrik tinggi sebelum risikonya biasa atau dalam bahasa teknisinya disebut starting. Sehingga bila pompa air mati dan hidup secara terus menerus dan diulang tentu akan menciptakan daya listrik terpakai semakin besar.

Oleh lantaran itu memakai penampung air akan sangat besar lengan berkuasa pada biaya tagihan listrik bulanan anda. Dengan adanya penampung air untuk pompa air tentu meminimalisir hidup matinya pompa air.

baca selengkapnya : cara memasang otomatis pada pompa air

Saya rasa dengan mempraktekan metode penghematan diatas sudah cukup untuk mengurangi pemakanan daya listrik dirumah sobat. Namun bagi teman yang masih menginginkan daya listrik rumah bisa tersaring lagi, beberapa tips dibawah ini bisa teman praketkan :

Berikut ini beberapa Tips pandai menghemat Energi listrik gaya para Teknisi

Pasanglah Pembatas daya yang bercabang

teman mungkin pernah dengar atau pernah melihat pengalaman orang lain bahwa rumah yang berdaya 900VA lebih boros dibandingkan rumah yang mempunyai daya 450VA meskipun dalam pemakaian tidak jauh berbeda satu sama lain.

Kenapa bisa demikian?

hal ini lantaran dengan pembatas daya 450VA mustahil konsumsi daya listrik pada rumah melebihi 450watt lantaran kalau lebih maka MCB akan memutus arus listrik tersebut. begitupun pada rumah dengan daya listrik 1200VA tentu akan lebih boros dibanding dengan daya 900VA.

Selain itu, dengan kapasitas daya yang besar, Kepekaan MCB pada beban lebih suatu alat listrik menjadi semakin lambat sehingga bila terjadi kerusakan pada alat listrik rumah contohnya saja Pompa air, sehingga pompa air tersebut menjadi cepat panas dan daya listrik yang dikonsumsi seharusnya 125watt menjadi 400watt, MCB 900VA keatas tidak akan Trip lantaran masih jauh dari batas beban maksimal penggunaan listrik pada rumah anda.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
http://hanakko.com/
All hasil tanpa di sadari kerusakana pada alat listrik tersebut, biaya tagihan listrik menjadi lebih besar tiap bulannya. Dengan hadirnya pembatas daya listrik bercabang yang dipasang untuk membagikan pembatas daya besar ke kecil dan menambah kepekaan MCB bisa sangat membantu memangkas biaya tagihan listrik tiap bulannya sampai 50%.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
Pembatas daya yang bisa teman gunakan yaitu MCB (Miniatur Circuit Breaker) yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memutus daya bila beban berlebihan atau bila arus lebih dari batas arus yang tertera pada skema MCB.

Rumah-rumah besar telah banyak mengaplikasikan gaya ini untuk mengatur pengeluaran listriknya. Pembatas daya bercabang ini dalam bahasa Teknisinya disebut PHB (Panel Hubung Bagi) skema ini berfungsi untuk membatasi tiap konsumsi daya tiap ruangan sekaligus menjadi kontrol kelistrikan pada rumah.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
Contoh pemasangan PHB atau Pembatas daya contohnya dengan memasang MCB 450VA pada ruang tengah dengan konsumsi daya ruangan tersebut TV dan Alat elektronik lain, kemudian pasar MCB 450VA khusus untuk pompa air rumah. dan lain sebagainya.

Memilih barang-barang elektronik yang sempurna sehingga tidak terlalu boros listrik

Pemilihan barang elektronik yang sempurna merupakan salah satu cara bakir yang bisa dilakukan oleh sobat, salah satu barang elektronik yang harus teman pilih yaitu lampu hemat energi lantaran perbedaan pemakanan daya lampu hemat energi serta lampu pijar atau bohlam tidak mengecewakan besar sehingga sebaiknya Gunakan lampu hemat energi atau yang mempunyai sistem LED.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
baca juga : 12 macam lampu listrik

Begitupun pada jenis barang elektronik lain ibarat TV dan Layar Monitor, sebaiknya gunakan TV dan Monitor komputer yang sudah LED lantaran jenis LED lebih hemat dibandeng LCD. baca selengkapnya : Proses pembentukan cahaya lampu LED

Selain itu, hampir seluruh barang elektronik rumah tangga ibarat kipas angin, pompa air, kulkas dan lain-lain mempunyai kapasitas daya yang berbeda, semakin besar peralatan elektronik tersebut, biasanya daya yang diharapkan juga akan sangat besar, Oleh lantaran itu, sangat penting untuk bisa menentukan barang elektronik yang sempurna untuk kebutuhan sobat.

baca selengkapnya : Tips menentukan Pompa air sesuai kebutuhan

Mengurangi Penggunaan Benda elektronik Pemanas

Barang elektronik yang memakan daya besar yaitu benda elektronik yang menghasilkan panas semisal Setrika listrik, Dispenser, Rice Cooker dan lain-lain. Kaprikornus sebisa mungkin jangan gunakan alat-alat ini terus menerus lantaran akan memakan cukup banyak daya listrik. Matikan barang-barang elektronik berheater tersebut bila tidak diharapkan atau Ganti dengan alternatif lain.
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%

Tips memasak nasi memakai Rice cooker biar Irit listrik yaitu dengan eksklusif memberi air panas pada ketika proses menanak nasi memakai Rice cooker, hal ini akan mempercepat Proses penanakan nasi sehingga biaya listrik juga akan lebih terpangkas.

selain tips memasak, pada setrika listrik sebaiknya anda atur panas setrika listrik biar tidak terlalu panas, dengan demikian biaya tagihan listrik akan lebih terpangkas.

Mencabut Steker dari stop kontak bila alat elektronik tersebut sudah tidak digunakan

Apakah teman pernah membiarkan charger HP dibiarkan terhubung dengan stop kontak meskipun tidak sedang mencharger HP, kemudian pada ketika akan di cabut ternyata charger Hp tersebut terasa Hangat....

Hal ini lantaran meskipun tidak terhubung dengan Hp namun charger tersebut tetap menyedot daya listrik sehingga tanpa disadari biaya tagihan listrik rumah anda menjadi semakin membengkak. Mungkin tidak pernah teman sadari, akan tetapi, bila banyak charger Hp, charger laptop, steker TV, dan steker alat elektronik lain terhubung terus-menerus pada stop kontak akan menaikan biaya tagihan listrik bulanan sobat.

Kaprikornus sebaiknya sehabis digunakan, copot steker alat-alat elektronik tersebut....

Membuat Pembangkit listrik sendiri

Hal ini mungkin terlihat sulit bagi teman yang hanya menginginkan menghemat energi listrik secara sederhana saja. Namun sebagaimana Judul diatas bahwa Tips ini merupakan tips yang selalu dicoba praktekan oleh para teknisi.

Yah dengan memakai pembangkit listrik sendiri tentu biaya tagihan listrik PLN akan menurun bahkan bisa tidak ada tagihan sama sekali atau turun 100% lantaran memang kita tidak memakai listrik dari PLN melainkan listrik buatan sendiri.

Sobat bisa memakai pembangkit listrik Tenaga Surya sebagai energi cadangan dirumah lantaran cara kerja pembangkit listrik tenaga matahari ini sangatlah sederhana, Namun memerlukan modal yang cukup besar dan perawatan yang sangat ekstra. baca selengkapnya : cara kerja panel surya atau PLTS
cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada ketika membayar tagihan listrik Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi sampai turun 100%
http://pasangpanelsurya-murah.blogspot.co.id
selain itu, teman juga bisa memanfaatkan energi angin, air ataupun energi lain yang berpotensi bisa menghasilkan listrik. Tentu dengan syarat teman paham betul bagaimana cara membangkitkan energi listrik. bagi teman yang ingin tau bisa buka eksklusif : bagaimana cara menciptakan pembangkit listrik sederhana

Menggunakan saklar Dimmer

bagi anda yang belum tahu, saklar yaitu alat yang dipakai untuk memutus dan menghubungkan arus listrik, biasanya pada lampu untuk memadamkan dan menghidupkannya. Saklar dimmer merupakan jenis saklar yang sanggup memutus, menghubungkan sekaligus mengatur jelas redupnya sebuah lampu.

Tentu dengan Mengatur lampu biar tidak terlalu jelas bisa sangat membantu menurunkan Energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan lampu. Sehingga anda bisa memakai jenis saklar Dimmer ini sebagai alternatif menghemat energi listrik sekaligus mengatur kekuatan cahaya lampu.

bagi teman yang ingin tau dan berencana membeli saklar ini bisa eksklusif ke : harga dan spesifikasi saklar dimmer lengkap

Nah itulah beberapa Tips atau cara biar teman bisa menghemat energi listrik dari mulai melaksanakan acara yang bisa dilakukan setiap harinya sampai cara-cara yang cukup sulit dilakukan namun sangat efektif untuk menurunkan biaya tagihan listrik.

Demikian Ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan sanggup membantu memecahkan problem sobat. Mohon maaf bila ada salah kata toh saya juga masih belajar, kesalahanan ada pada diri saya dan kebenaran hanya milik Allah subhanahu wa ta'ala

No comments:

Post a Comment