Cara Memperbaiki UPS Rusak yang Wajib Kamu Ketahui


UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah sebuah alat elektronik yang terus terhubung dengan aliran listrik terkadang ada kerusakan secara tiba tiba tanpa memberikan sinyal terlebih dahulu. Benda elektronik yang terus bekerja jika ada kerusakan memang sudah hal yang wajar, namun supaya anda bisa memperbaiki sendiri perlu anda ketahui Cara Memperbaiki UPS yang Rusak.

1. Cek Baterai UPS

Baterai merupakan komponen utama pada UPS, karena memiliki fungsi sebagai penyimpan daya yang dihasilkan  dari solar panel. Jika baterai sudah tidak normal maka kinerja UPS juga menjadi tidak sempurna atau terlambat dalam mengambil alih daya. Untuk memperbaiki baterai UPS ini memang terbilang sulit karen pada umunya baterai UPS adalah kering, jadi satu satunya cara yang pas yaitu dengan mengganti baterai.

2. Sinyal Beep Berbunyi Terus Menerus
Jika Beep berbunyi berarti itu menandakan bahwa UPS anda tidak normal. Untuk mengatasinya yaitu:


  1. Cabut kabel power
  2. Hidupkan UPS tanpa power
  3. Lepas Baterai
  4. Hidupkan UPS menggunakan power lalu matikan kembali
  5. Lepas kabel power kemudian pasang baterai
  6. Pasang kabel power dan hidupkan kembali UPS anda
3. Charger UPS Rusak
Saya tidak menyarankan anda untuk memperbaiki charger UPS, karena komponen yang ada pada charger tersebut terbilang sangat mudah rusak. Meskipun anda berhasil memperbaiki charger, maka dipastikan tidak akan bisa mengisi dengan sempurna. Satu satunya cara yang tepat adalah mengganti yang baru agar UPS bisa bekerja dengan sempurna kembali seperti sedia kala.

4. Cek PCB
Menurut pengalaman, langkah pertama jika ada kerusakan pada PCB adalah dengan mengecek komponen apakah ada yang terbakar atau tidak. Jika komponen benar benar ada yang terbakar dan ingin mengganti sendiri, bawa ke toko sparepart elektronik untuk menyamakan komponen yang akan dibeli. Hindari komponen yang sedikit memiliki perbedaan atau tidak sama seperti sebelumnya terpasang, karena jika komponen pengganti sedikit berbeda akan berdampak buruk pada UPS anda nanti.

5. UPS Mati Diwaktu Yang Sama Dengan Listrik PLN
Saya simpulkan jika masalah seperti ini terjadi 90% kerusakan terjadi pada baterai UPS. Untuk lebih detailnya anda bisa mengecek sendiri apakah baterai masih normal atau tidak, cara mengetes baterai masih normal atau tidak yaitu dengan cara melepas kemudian pasang kembali baterai dan coba hidupkan listrik PLN dan matikan. Jika UPS tetap mati berarti baterai sudah tidak normal.

Itulah sedikit informasi tentang Cara Memperbaiki UPS Rusak yang Wajib Kamu Ketahui semoga bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment