Perbedaan Of Grid dan On Grid Solar Panel

Solar panel memang dikenal dengan keramahan terhadap lingkungan karena tidak mengeluarkan polusi akan tetapi tetap menghasilkan energy listrik untuk kita manfaatkan setiap hari. Spesifikasi dari solar panel juga ditentukan oleh anda sendiri sesuai dengan kebutuhan masing masing. Sekarang disini saya akan memberi penjelasan kepada anda tentang  Perbedaan Of Grid dan On Grid Solar Panel.

Baca: Cara Instalasi Solar Panel Untuk Rumah

Yang pertama saya akan menjelaskan untuk system On Grid diantaranya yaitu:



  1. System On Grid hanya bisa digunakan disiang hari dimana solar panel sedang terkena paparan sinar matahari, jadi untuk system ini tidak memerlukan baterai karena jika sudah tiba waktu malam hari kembali menggunakan listrik dari PLN.
  2. System On Grid terhubung ke jalur listrik PLN, jadi jika listrik PLN pada secara otomatis On Grid juga ikut padam.
  3. Syster On Grid hanya cocok di daerah tertentu saja, misalnya daerah perkotaan yang jarang ada pemadaman listrik. Biasanya sytem seperti ini digunakan di sekolah, kantor dan lainnya, terutama yang hanya ada aktifitas di siang hari saja.
Sedangkan untuk System Of Grid memiliki perbedaan dari sebelumnya, yaitu:



  1. System Of Grid masih menggunakan baterai sebagai penyimpan daya listrik yang dihasilkan. Kelebihan dari system ini yaitu bisa digunakan pada siang dan malam hari jika masih ada listrik yang tersimpan didalam baterai.
  2. System Of Grid tidak terhubung ke jalur PLN, meski ada pemadaman listrik dari PLN system ini masih bisa menyalakan peralatan elektronik yang sesuai dengan kapasitas solar panel itu sendiri.
  3. Solar panel system Of Grid ini cocok digunakan didaerah perkampungan yang sering ada pemadaman listrik. Jadi tidak menghambat pekerjaan anda di siang hari.
Pada kedua penjelasan diatas tentu ada sudah tahu mana yang akan menjadi pilihan anda untuk di pasang di rumah bukan? Menurut pengalaman saya sendiri mereka banyak yang memilih Of Grid daripada On Grid karena kelebihannya itu.

Mungkin itu yang bisa sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi manfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah kami akan berusaha untuk memberi respon cepat dan memberi penjelasan sedetail mungkin.

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment