Cara Menyembuhkan Diri Dari Trauma Psikologis

Trauma sanggup menjadikan gangguan kesehatan mental yang serius. Menghilangkan bayang-bayang syok tidaklah mudah, rasa stres akhir syok sanggup terus ada seumur hidup.

Beberapa tumpuan syok yaitu kecelakaan, kehilangan orang terdekat, korban bullying, pemerkosaan, peristiwa alam, dll.

 Trauma sanggup menjadikan gangguan kesehatan mental yang serius Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis
Photo: https://pxhere.com/en/photo/952521

Dampak dari rasa syok yaitu gangguan mental, perubahan prilaku, gangguan kehidupan sosial, hingga sanggup kuat ke kondisi fisik (gangguan kesehatan).

Orang-orang yang mengalami rasa tramua hendaknya curhat atau menceritakan kondisinya kepada orang terdekat.

Dengan menceritakan kondisi diri sendiri kepada orang yang menyayangi diri kita maka akan menciptakan lebih lega dan perasaan menjadi lebih baik.

Support dari orang-orang tercinta (orang-orang dekat) sangatlah penting, dan sanggup meringankan rasa tidak nyaman pada jiwa.

Mengatasi Trauma Pada Jiwa

Sangat penting untuk menyibukan diri dan menjalani aktivitas-aktivitas yang sanggup menciptakan Anda lebih tenang. Hal ini dibutuhkan sanggup mengalihkan perhatian Anda pada banyak sekali acara yang penting dan menarik

Jangan isi waktu luang Anda dengan mendengarkan lagu murung dan hal-hal yang sanggup mengakibatkan stimulus negatif.

Ketika Anda sering mendengarkan lagu murung dikhawatirkan sanggup kuat tidak baik pada keadaan emosi Anda, yang kemudian sanggup membangkitkan rasa syok masa lalu.

Salah satu kegiatan yang sangat anggun untuk Anda lakukan yaitu olahraga. Berolahraga menjadi cara yang anggun untuk menghilangkan rasa trauma.

Olahraga bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Lakukan jenis olahraga yang Anda senangi, jadikan olahraga sebagai masa-masa yang menyenangkan.

Jangan jauhkan diri dari lingkungan sosial

Menjauhkan diri dari orang terdekat yang mengasihi Anda, justru akan menciptakan Anda sendirian sehingga memperburuk rasa trauma.


Tidurlah Yang Cukup (Jangan Begadang)

Tidur sangatlah penting alasannya akan mengistirahatkan badan dan pikiran. Tidurlah pada malam hari (sekitar jam 9 malam) sehingga Anda akan bangun di waktu fajar (atau pagi) dengan kondisi fisik dan pikiran yang fresh.

Dengan fisik dan pikiran yang fresh sehingga sanggup meredakan rasa trauma, stres ataupun pikiran yang berat.

Adapun jikalau kekurangan tidur maka mengakibatkan ketidakstabilan emosi, yang berdampak jelek pada kondisi jiwa dan rasa trauma.

Ikut Kegiatan Sosial

Anda sanggup mengikuti banyak sekali macam kegiatan sosial, pilihlah kegiatan sosial yang Anda rasa sangat bagus.

Melakukan kegiatan sosial akan mengalihkah dan menghilangkan rasa trauma, serta memperlihatkan pengalaman hidup yang bermanfaat untuk Anda.

Mengikuti kegiatan sosial juga akan menciptakan Anda bertemu dengan orang-orang yang baik (sukarelawan).

Ambil Nafas Panjang

Rasa syok akan mengganggu kestabilan jiwa dan pikiran. Cobalah menarik nafas panjang untuk merileksasi diri Anda sendiri.

Dengan menarik nafas panjang akan menghindarkan Anda dari perasaan negaif dan emosi berlebihan.

Hal-hal lainnya untuk mengatasi rasa trauma:
  • Berpikir jikalau semua sudah berlalu. Berbagai kenangan jelek yakni masa kemudian dan sudah berakhir. Ada banyak hal lainnya yang perlu Anda kerjakan di masa depan.
  • Selalu berpikir positif. Jangan hingga rasa syok berlangsung usang sehingga mengakibatkan depresi. Berbagai pikiran yang memunculkan rasa syok harus disingkirkan.
  • Fokuslah pada hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Jangan berkutat pada sesuatu yang tidak berguna.
  • Liburan ke daerah yang menyenangkan. Anda sanggup jalan-jalan setiap selesai pekan ataupun setiap dua pekan sekali. Sehingga pikiran dan perasaan Anda sanggup teralihkan dari rasa trauma.
  • Anda disarankan berteman dengan orang orang yang pernah lepas dari trauma. Anda mungkin akan tahu jikalau banyak orang lain yang pernah terkena rasa syok yang lebih berat dibandingkan Anda. 

Sebagai penutup, ingat bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang justru akan memperburuk kondisi trauma.

Jika syok yang dialami tidak kunjung hilang, Anda mungkin membutuhkan dukungan andal psikoterapi atau psikater. Untuk menghilangkan trauma, jangan segan untuk meminta dukungan orang terdekat atau para ahli.

No comments:

Post a Comment